Friday, August 28, 2009

Dewi Malam .. Kupu-kupu .. Mawar Hitam

intro ...

aku si kupu-kupu pecinta kebebasan terpikat pada setangkain mawar hitam .
pekat dan misterius .

***

detik pertama . . . detakan pertama . . .

pengap , sempit , gelap . aku ingin keluar , aku ingin melihat matahari ,
aku ingin menhirup udara .
walaupun di sini aman , di sini nyaman ,
aku bosan hanya berteman dengan tali pusarku .

titik jenuhku mendidih , aku menyeruak , mendesak , mendorong .
vagina ibuku sesak , lengket .
ahh , cahaya ! aku melihat cahaya . aku ditarik . aku keluar !
seketika aku berteriak meraung , paru-paruku sesak dipenuhi oksigen luar .
aku ... aku ........ lahir .

***

5 tahun setelahnya ...

PLAK !!
pipiku tertampar , sakit . ayahku berkata aku anak terkutuk .
ibuku meneriakiku dari liang kubur .
aku hanya seorang anak terkutuk yang merenggut nyawa ibu agar bisa terlukis di
sketsa kehidupan .
TERKUTUK .

***

16 tahun setelahnya ...

arggghhhhh ... selaput daraku robek , keperawananku lenyap .
aku tidak merasakan apapun , tidak tersenyum , tidak ada tetesan air mata .
tetapi mataku berkilat , mengetahui apa yang ingin aku jilat .

akulah sang dewi malam .
***

17 tahun setelahnya ...

aku hidup saat matahari pergi ke belahan dunia lainnya .
sukmaku bersetubuh sepenuhnya saat matahari diselimuti kepekatan sang malam .
aku selalu ada di antara dentuman musik pekak dan pinggul-pinggul
yang bergoyang seirama hentakan pekak musik .
dirasuki alkohol yang membawaku ke dunia lain dan juga asap rokok
yang menyesakkan paru-paru .

akankah aku menyesal ? tidak .
karena aku tidak mengenal kata penyesalan dalam abjad hidupku .

akulah sang dewi malam .

***


18 tahun setelahnya ...

aku belajar satu hal .
bahwa cinta itu seperti Tuhan , dipuja dan dikejar namun sebenarnya tidak pernah ada .
sebelumnya aku memuja dan mengejar apa yang disembah-sembah manusia .
CINTA .
setelahnya aku memecahkan mozaik . semua penjantan membual bahwa cinta mereka lebih besar , kasih mereka lebih dalam . tapi semuanya sama-sama tolol .
percaya bahwa aku mencintai mereka . menangis saat aku bilang aku tidak cukup pantas bagi mereka . padahal hatiku tertawa histeris mempermainkan mereka .

mereka memanggilku pelacur , wanita penghibur , perempuan nakal , perek , atau apa pun sebutan mereka padaku . katanya aku murah ?!
huh , enak saja . aku mungkin memang wanita penggoda , tapi akulah sang dewi malam .
laki-laki , merekalah yang murahan .
rela melakukan apa pun agar bisa tidur denganku , termasuk mengkhianati belahan hati mereka sendiri .

akulah sang dewi malam .

***

19 tahun setelahnya ...

lembaranku terisi dengan ambisi dan dendam .
ambisi untuk menjadi yang mencakar , bukan tercakar .
dendam untuk menyakiti yang telah dan akan menyakitiku .

halamanku terisi dengan tangis dan isakan . entah mengapa dan bagaimana ,
air mataku terkadang mengalir diiringi isakan pilu yang menyayat sendu .
tanpa pernah tahu apa yang sebenarnya aku isaki dan tangisi .

akulah sang dewi malam .


***

20 tahun setelah nya ...

mulutku menganga , takjub akan keindahan setangkai mawar hitam .
jatungku berdetak kencang , adrenalinku membanjiri pembuluh darah .
keindahan yang janggal .
kali ini aku tidak ingin merengkuhnya . tidak ingin menghisap sarinya
dan membuatnya layu . aku hanya ingin berada di sampingnya .

inikah cinta ?
perasaan polos manusia yang telah aku hina-hina .
mungkinkah ini cinta ?

padahal dia jahat padaku , padahal dia mengaburkan semua hariku dengan air mata .
duri-durinya mengoyak semua kehidupan malamku . mencampakkanku .
semua laki-laki memperebutkan aku , hanya dia yang mengusirku .
mengapa ?

akulah sang dewi malam .

***


21 tahun setelahnya ...

malamku , aku kembali !!

aku
lelah , diminta untuk tetap berada di sana , namun pada saat yang sama selalu diminta untuk pergi . aku memang ingin bertahan , ingin menemaninya , selalu ada untuknya .
namun takdir mencekikku . mengancam akan meracuni mawar dan kupu-kupu lainnya .

yaa , malamku aku kembali dan tidak akan pergi lagi .

akulah sang dewi malam .

***

25 tahun setelahnya ...

seperempat abad aku berkelana di antara padang bunga . sayapku lelah .
dan tak pernah sekalipun jari manisku terikat cincin pernikahan .
hanya terdapat cincin kupu_kupu , saksi bisu yang mrekam setiap gram guratan hidupku .

aku lebih baik dikatai jalang daripada terkekang kemunafikan , pernikahan .

akulah sang dewi malam .

***

27 tahun setelahnya ...

hari ini hujan . langit meratap , menangisi sayapku yang patah .
aku ingin tersenyum . namun sudut bibirku kelu , meniru mataku
yang perlahan menjadi sayu .

malam masih menerima dan memujaku . menyelimuti dan memuaskanku
dengan dinginnya rembulan dan gemerlapnya bintang .
namun aku memohon akan kehangatan matahari .

ah , mawar hitam . aku merindukannya .
tapi mawar hitamku telah rontok , berganti dengan mawar putih .
tidak , aku cinta yang hitam , bukan yang putih !

mawar hitamku , pergi meninggalkanku .
pertama kalinya dalam hidupku , aku berharap malaikat bersayap belang
datang menjemputku .

aku ... masih seorang dewi malam .





3 comments: